Friday, October 25, 2013

Browse » home» » » » » » » Manfaat Buah Buahan Untuk Berbuka Puasa

Manfaat Buah Buahan Untuk Berbuka Puasa

Buah Untuk Berbuka Puasa
Buah Untuk Berbuka Puasa - Negara Indonesia termasuk negara yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama islam, maka tidak heran jika bulan Ramadhan tiba banyak sekali hidangan makanan khas yang dibuat untuk mengawali berbuka puasa. Biasanya saking banyaknya makanan yang ada membuat kita “kesetanan” untuk mengkonsumsi makanan apa saja tanpa memperhatikan kuantitas dan kualitasnya.

Saat buka tiba, kita dianjurkan untuk memulainya dengan mengkonsumsi makanan yang manis-manis terlebih dahulu sebab makanan ini akan cepat memberikan energi bagi kita. Diantaranya ialah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Namun kita juga harus teliti sebab tidak semua jenis buah baik untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Buah yang dianjurkan ialah buah yang memiliki kandungan gula alami, banyak kandungan air, tidak ada kandungan enzim pencernaannya, dan sedikit kandungan zat asamnya.

Berikut buah yang dianjurkan untuk berbuka puasa.
  1. Kurma

    Buah ini memang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad dan beliau memang menganjurkan untuk mengkonsumsinya pada saat berbuka puasa.  Di samping anjuran Nabi, para peneliti telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah kurma?

    a. Sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak merasa capek untuk mencernanya.

    b. Memberikan efek kenyang sehingga bisa mengurangi rasa lapar dan juga mengurangi untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan yang bisa berakibat buruk bagi pencernaan.


    c. Mengkonsumsi buah kurma akan memberikan perut lebih siap untuk menerima makananan yang lainnya.

    d. Kandungan gula alami dalam buah kurma sangat baik untuk pembentukan energi dan mengandung nutrisi yang baik untuk sel-sel syaraf dan otak.

    e. Kandungan serat dalm buah kurma sangat baik untuk pencernaan sehingga tubuh akan terhindar dari sembelit.

    f. Kandungan garam alkalin dalam buah kurma sangat baik untuk mengontrol pengaruh negatif dari makanan daging dan karbohidrat berlebih.

  2. Apel
    Buah ini merupakan buah yang sangat istimewa sebab buah ini memang memiliki segudang manfaat baik dalam hal kesehatan atau pun kecantikan. Buah apel juga bisa menjadi menu pembuka selama puasa sebab buah ini memiliki kanduangn serat alami yang sangat baik untuk pencernaan serta mengandung zat antioksidan yang memang sangat dibutuhkan selama berpuasa untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.
  3. Melon
    Buah yang dikenal kaya akan kandungan air ini memiliki kandungan gula alami serta serat yang baik untuk pencernaan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa selama berpuasa seharian sistem pencernaan tubuh kita beristirahat. Oleh sebab itu, dengan mengawali berbuka dengan buah melon bisa menjadi pilihan yang baik. Selain  buah melon, Anda juga bisa memilih buah blewah atau semangka sebagai pilihan alternatif.
Lalu buah apa yang harus dihindari ketika berbuka puasa? Seperti yang diterangkan di atas bahwa tidak semua jenis buah bisa dijadikan sebagai menu pembuka puasa sebab buah-buah ini memiliki kandungan zat asam yang berlebih yang bisa mengganggu pencernaan lambung. 

Pada dasarnya sebenarnya buah ini ialah buah yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, akan tetapi hanya tidak dianjurkan disantap sebagai menu pembuka. Buah tersebut misalnya nanas, jeruk, dan juga pepaya.

Demikian artikel tantang buah untuk berbuka puasa, semoga bermanfaat sehingga puasanya tetap lancar dan mendapat pahala yang besar dari sisi-Nya. Aamiin. 

Jika Anda memiliki tips-tips yang lain silahkan share di sini, Terima kasih!
Anda juga bisa membaca artikel-artikel yang lainnya yang tentu tidak kalah menarik. Mencegah Dehidrasi Saat Puasa  atau Manfaat Daun Pepaya.


No comments:

Post a Comment